Zetra Hainul Putra

Posisi Akademik

Assistant Professor bidang Didactics of Mathematics

E-mail/ website

zetra.hainul.putra@lecturer.unri.ac.id / zetra.staff.unri.ac.id

Riwayat Pendidikan

  • Ph.D Didactics of Mathematics, 2018, University of Copenhagen, Denmark
  • M.Sc Mathematics Education, 2011, Universitas Sriwijaya, Indonesia – Utrecht University, the Netherlands
  • S.Si Matematika, 2007, Universitas Riau, Indonesia

Topik Penelitian

  • Didaktik Matematika
  • Pengetahuan Matematika dan Didaktika
  • Teori Antropologi Didaktik
  • Pendidikan Matematika Realistik
  • Design Research
  • Didactic Engineering
  • Pembelajaran Matematika bebasis Teknologi (Geogebra)

Mata Kuliah Diampu

  • Bilangan dan Aljabar (S1 PGSD)
  • Geometri dan Pengukuran (S1 PGSD)
  • Pendidikan Matematika SD Kelas Rendah (S1 PGSD)
  • Pendidikan Matematika SD Kelas Tinggi (S1 PGSD)
  • Statistika Pendidikan (S1 PGSD)
  • Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (S1 PGSD)
  • Penelitian Pendidikan (S1 PGSD)
  • Kapita Selekta Matematika (S1 PGSD)
  • Pengembangan Profesi Guru (S1 Pendidikan Matematika)

Hibah Penelitian

  • 2021-2023, RISTEKBRIN, Model Penguatan Technological Didactical and Mathematical Knowledge (TDMK) Guru Sekolah Dasar berbasis Geogebra dalam Mendukung Pembelajaran Daring di Masa New Normal (Ketua)
  • 2021, DIPA FKIP UNRI, Development of STEM Model in Elementary School: A Comparative Study among Indonesia, Malaysia, Taiwan, and China (Anggota)
  • 2021-2023, RISTEKBRIN, Pengembangan Model Hybrid Learning Berbasis Sistem Among (HLBSA) untuk meningkatkan Literasi Digital dan 5C (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity, and Character) Siswa Sekolah Dasa (Anggota)
  • 2021, PUSMEJAR, Pengembangan Modul Ajar Tematik SD Moda dalam Jaringan, luar Jaringan, dan Campuran (Anggota)
  • 2021, DIPA FKIP UNRI, Pengembangan Standar Mutu FKIP Menuju Fakultas Unggul dan Berdaya Saing Global, (Anggota)
  • 2020, DIPA LPPM UNRI, Desain Hypotetical Teacher Learning Trajectory Materi Pecahan untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika dan Didaktika Calon Guru Sekolah Dasar (Ketua)
  • 2020, DIPA FKIP UNRI, Project Based Learning Sebagai Model Alternatif Pembelajaran Matematika Di Era Pandemi Covid-19 (Anggota)
  • 2019, DIPA LPPM UNRI, Pengembangan Math Picture Books Berbasis Budaya Melayu Riau (Ketua)
  • 2019, DIPA FKIP UNRI, Pembelajaran Etnomatematika Melayu untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Riau (Anggota)
  • 2015, DIPA FKIP UNRI, Penerapan Pendekatan Model Method untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau dalam Pemecahan Masalah Pecahan (Ketua)
  • 2015, DIPA FKIP UNRI, Analisis kemampuan number sense siswa sekolah dasar di Pekanbaru, Indonesia (Anggota)
  • 2014, DIPA FKIP UNRI, Pengembangan media pembelajaran berbasis Powerpoint dalam pembelajaran tematik terintegrasi di sekolah dasar (Ketua)
  • 2013, DIPA FKIP UNRI, Analisis kemampun siswa Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal-soal matematika Model the Trends for International Mathematics and Science Study (TIMSS) di Pekanbaru (Anggota)

Hibah Pengabdian kepada Masyarakat

  • 2021, DIPA FKIP UNRI, Workshop Perancangan Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi (Geogebra) bagi Guru-guru Sekolah Dasar di Kecamatan Tambang, Kampar, (Ketua)
  • 2021. DIPA LPPM UNRI, Pengembangan CESRING yang Berbahan Dasar Tepung Sagu Kering di Desa Bagan Melibur Kabupaten Kepulauan Meranti (Anggota)
  • 2020, DIPA FKIP UNRI, Workshop Pembelajaran Matematika Daring dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Tambang, Kampar (Ketua)
  • 2019, DIPA FKIP UNRI, Workshop Pemanfaatan Lingkungan Belajar di Sekitar Sekolah dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Ketua)
  • 2014, DIPA FKIP UNRI, Pelatihan keterampilan dan kemampuan guru mengajarkan seni rupa dan kerajinan di Sekolah Dasar Kecamatan Kelayang dengan memanfaatkan bahan alam dan bekas (Anggota)

Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi

  • Putra, Z. H., Hermita, N., Alim, J. A., Dahnilsyah, D., & Hidayat, R. (2021). GeoGebra Integration in Elementary Initial Teacher Training: The Case of 3-D Shapes. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 2021, 15(19), pp. 21 – 32. Link
  • Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Tang, J., Wijaya, T. T., Li, L., Pereira, J., & Tamur, M. (2021). The Hungry Ant: Development of Video-Based Learning on Polyhedron. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 2021, 15(17), pp. 183–191. Link
  • Wijaya, T.T., Li, L., Hermita, N., Putra, Z. H., & Alim, J. A. (2021). Helping Junior High School Student to Learn Fibonacci Sequence with Video-Based Learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 2021, 15(11), pp. 183–191. link
  • Putra, Z. H. (2020). Didactic Transposition of Rational Numbers: a Case From a Textbook Analysis and Prospective Elementary Teachers’ Mathematical and Didactic Knowledge. Journal of Elementary Education, 13(4), 365 – 394. https://doi.org/10.18690/rei.13.4.365-394.2020
  • Hermita, N., Alpusari, M., Noviana, E., Putra, Z. H., Islami, N., Basori, H., Suhandi, A., & Samsudin A. (2020). Improving Prospective Primary School Teachers’ Mental Models through Implementation of CDOI Supported by Multimode Visualization. Universal Journal of Educational Research, 8(2), 460-467. link
  • Putra, Z. H. (2019). Praxeological change and the density of rational numbers: The case of pre-service teachers in Denmark and Indonesia. EURASIA Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 15(5), 1-15. https://doi.org/10.29333/ejmste/105867
  • Putra, Z. H., Witri, G., & Yulita, T. (2019). Development of PowerPoint-based learning media in integrated thematic instruction in elementary school. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 697-702. link
  • Putra, Z. H., .Darmawijaya, D., Putri, R. I. I., & den Hertog, J. (2011). Supporting first grade students learning number facts up to 10 using a parrot game. Journal on Mathematics Education2(2), 163-172. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.776.163-172

Publikasi di Jurnal Internasional

  • Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Wijaya, T. T., Anggoro, S., & Diniya, D. (2022). Elementary Teachers’ Perceptions on Genially Learning Media Using Item Response Theory (IRT). Indonesian Journal of Learning and Advanced Education, 4(1). 1-20. link
  • Hermita, N., Alim, J. A., Putra, Z. H., Gusti, P. M., Wijaya, T. T., & Pereira, J. (2021). Designing interactive games for improving elementary school students’ number sense. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 413-426. link
  • Nurzayyana, A., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2021). Designing a Math Picture Book to Stimulate Primary School Students’ Understanding of Properties of 2-D Shapes. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education4(2), 164-179. link
  • Rahmadhani, D., Putra, Z. H., & Noviana, E. (2021). A comparative study of first and third year of prospective elementary teachers’ attitude towards technology-based mathematics assessment. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 462 – 472. link
  • Hermita, N., Wijaya, T. T., Putra, Z. H., Yora, P. N., & Suhandi, A. (2021). Measuring mental model of primary teachers and pre-service teachers on heat trasnfer concept. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1), 196-208. link
  • Mutmainnah, A., Putra, Z. H., & Syahrilfuddin, S. (2021). The relationship between fifth grade student’s number sense and their mathematical problem solving. PrimaryEdu-Journal of Primary Education5(1). 66-79. https://doi.org/10.22460/pej.v5i1.1722
  • Putra, Z. H. (2020). Modeling Teachers’ Collective Knowledge of Rational Numbers through Dialectic between Questions and Answers: A Case of Denmark and Indonesia. Universal Journal of Educational Research 8(12A), 7479-7486. link 
  • Syafitri, R. Putra, Z. H., & Noviana, E. (2020). Fifth Grade Students’ Logical Thinking in Mathematics. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 3(2), 157 – 167.  http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v3i2.7840
  • Hermita, N., Parlina, T.A., Putra, Z. H., (…), Anggoro, S., Suhandi, A. (2020). Identifying of elementary students’ mental model on gravity concept. International Journal of Advanced Science and Technology, 29 (5), 6772 – 6780. link
  • Lely, M., Putra, Z. H., & Syahrilfuddin. (2020). Fifth grade students’ creative thinking in solving open-ended mathematical problems. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 3(1), 58-68. http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v3i1.7829
  • Hermita, N., Ningsih, H. S., Alim, J. A., Alpusari, M., Putra, Z. H., & Wijaya, T. T. (2020). Developing Science Comics for Elementary School Students on Animal Diversity. Solid State Technology63(1s), 2492-2500. link
  • Lestari, S., Syahrilfuddin., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2019). The effect of realistic mathematics approach on students’ learning motivation. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education, 2(2), 145-156. link
  • Putra, Z.H, & Winsløw, C. (2019). A framework for a comparative study of pre-service elementary teachers’ knowledge of rational numbers. Educaçao Matemática Pesquissa, 21(4), 63-73. https://doi.org/10.23925/1983-3156.2019v21i4p063-073
  • Putra, Z. H. (2019). Danish pre-service teachers’ mathematical and didactical knowledge of operations with rational numbers. International Electronic Journal of Mathematics Education. 14(3), 619-632. https://doi.org/10.29333/iejme/5775
  • Putra, Z. H., & Winsløw, C. (2019). Prospective teachers’ knowledge of comparing decimals. International Journal on Emerging Mathematics Education, 3(1), 57-68. http://dx.doi.org/10.12928/ijeme.v3i1.11314
  • Putra, Z. H. (2019). Elementary teachers’ knowledge on fraction multiplication: An anthropological theory of the didactic approach. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education,2(1), 47-52. http://dx.doi.org/10.33578/jtlee.v2i1.6964
  • Putra, Z. H. (2018). A praxeological analysis of pre-service elementary teachers’ knowledge of rational numbers. Recherches en didactique des mathématiques, 38(3), 315-363. link
  • Putra, Z. H., & Witri, G. (2017). Anthropological theory of the didactic: A new research perspective on didactic mathematics in Indonesia, Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 221-227. link

Publikasi di Jurnal Nasional

  • Chonesty, E., Syahrilfuddin, S., & Putra, Z. H. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Pecahan. Jurnal Cendikia Pendidikan Dasar, 1(1), 11-20. link
  • Rahmayani, W., Putra, Z. H., & Noviana, E. (2021). Desain Lintasan Belajar Kubus dan Balok dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 5(2), 88-110, link
  • Putra, Z. H., Hermita, N., & Alim, J. A. (2021). Analisis Pengetahuan Matematika, Didaktika, dan Teknologi Calon Guru Sekolah Dasar Menggunakan Rasch Model. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 345-356, link
  • Nuraini, D., Noviana, E., & Putra, Z. H. (2021). Differences on students’ learning activities in the morning session and the afternoon session at grade IV SD Negeri 147 Pekanbaru. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(4), 870-875, link
  • Muharin, M., Alpusari, M., & Putra, Z. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sains Berbasis Prezi untuk Siswa Sekolah Dasar pada Materi Penggolongan Hewan. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 85 – 93. link
  • Ashirin, N., N, Lazim., & Putra, Z. H. (2021). Keterampilan Dasar Mengajar Guru pada Pembelajaran Matematika di Kelas V SDN 110 Pekanbaru. JPP Guseda, 4(1), 21 – 24. link
  • Putri, F. Z., Putra, Z. H., & Munjiatun, M. (2021). Pengembangan Media Kartu Domino Materi Pecahan untuk Belajar Mandiri Siswa Kelas IV SDN 147 Pekanbaru Di Masa New Normal. Jurnal Ilmiah Aquinas,  (1), 113-126. link
  • Putra, Z. H. Witri, G., & Sari, I. K. (2020). Pengetahuan Didaktika Calon Guru Sekolah Dasar tentang Pecahan Ditinjau dari Teori Antropologi Didaktik. Jurnal Elemen 6(2), 244 – 261. link 
  • Putra, Z. H. (2020). Pembelajaran Interdisiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, 5(1), 112-121. link
  • Febriyanti, D., & Putra, Z. H. (2020). Development of 3-Dimensional Snake and Ladder Game: Implementation with Second Grade Students of SDN 37 Pekanbaru. JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran),4(6), 1140 – 1151 http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i6.8107
  • Winanda, W., Putra, Z. H.,  Zufriady, Z. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan bantuan media tulang napier terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III SD IT Diniyah Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(2), 250 – 260. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v3i2.250-260
  • Komara, F. H. T., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SDN 136 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(2), 146 – 162. http://dx.doi.org/10.31258/jta.v3i2.146-162
  • Putra, Z. H., Witri, G., & Syahrilfuddin, S. (2020). Matematika dan budaya Melayu dalam buku bergambar matematika berjudul “ gelang comel buatan kite”. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(1), 48-54. link
  • Annisa, A., Putra, Z. H., & Kurniaman, O. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika siswa kelas IV yang mengikuti dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Jurnal Ilmiah Aquinas, 3(1), 266-286. link
  • Wahyuni, U. T., Syahrilfuddin, S., & Putra, Z. H. (2020). Hubungan Adversity Quotient dengan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 4(1), 47-60. http://dx.doi.org/10.30659/kontinu.4.1.47-60
  • Putra, Z. H., Witri, G., & Syahrilfuddin. (2019). Isu gender dalam buku bergambar matematika rancangan calon guru sekolah dasar. Jurnal Elemen, 5(2), 231-241. link
  • Putra, Z. H. (2016). Pengetahuan mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar dalam merepresentasikan operasi pecahan dengan model persegi panjang. Jurnal Elemen 2(1): 1 – 13. link
  • Fendrik, M., & Putra, Z. H. (2016). Penerapan pendekatan model method untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa PGSD FKIP Universitas Riau dalam pemecahan masalah pecahan. Jurnal Sport Area Penjaskesrek, 1(2), 43-52. https://doi.org/10.25299/sportarea.2016.vol1(2).394
  • Putra, Z. H., & Sucitra, W. (2015). Hubungan intelegensi dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 68 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 2(2), 1-18. https://doi.org/10.18592/jpm.v2i2.1171
  • Witri, G., Putra, Z. H., & Gustina, N. (2014). Analisis kemampuan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal-soal matematika model the trends for international mathematics and science study (TIMSS) di Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 32-39. link
  • Putra, Z. H. (2013). Analisis Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau dalam Pengukuran Keliling dan Luas Bangun Datar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 18 – 24. link

Publikasi di Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

  • Putra, Z. H., Sari, I. K., Witri, G., Syahrilfuddin, S., Hermita, N.,…, Putri, S. E. (2020). Workshop Pemanfaatan Lingkungan Belajar di Sekitar Sekolah dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru-guru Sekolah Dasar di Gugus IV Kecamatan Siak Hulu, Kampar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(2), 475-486. link

Publikasi di Prosiding Internasional

  • Putra, Z. H., Dia, I. O., Putri, N. A., Wulandari, T. R., Hermita, N., & Dahnilsyah, D. (2021). Design and Implementation of GeoGebra Learning Activities of Area and Perimeter of Rectangles for Primary School Students. Proceeding of Universitas Riau International Conference on Science and Environment 2021. Journal of Physics: Conference Series . Link
  • Hermita, N., Sakinah, S., Wijaya, T. T., Vebrianto, R., Alim, J. A., Putra, Z. H., … & Jihe, C. (2021). Item Analysis of Heat Transfer Concept Using Rasch Model in Elementary School. roceeding of Universitas Riau International Conference on Science and Environment 2021. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 2049, No. 1, p. 012058). Link
  • Hermita, N., Gusti, P. M., Alim, J. A., Putra, Z. H., Wijaya, T. T., & Talib, C. A. (2021). Developing Digital Interactive on Heat Transfer Concept for Elementary Students. Proceeding of International Conference on Educational Technology, IEEE. Link
  • Putra, Z. H., Hermita, N., Alim, J. A., & Witri, G. (2021). Prospective elementary teachers’ experience with GeoGebra on the area of a triangle. Proceeding of International Conference on Information Technology, IEEE. Link
  • Putra, Z. H., Wulandari, W., Alpusari, M., & Hermita, N. (2021). Developing a Dynamic Number Card Game to Support Students’ Number Sense: A Preliminary Study. Proceeding of 1st International Conference on Technology Enhanced Learning in Higher Education (TELE), IEEE. Link
  • Putra, Z. H. Witri, G., & Sari, I. K. (2020). Prospective elementary teachers’ perspectives on online mathematics learning during coronavirus outbreak. Journal of Physics: Conference Series 1655(1), 012057. link
  • Sari, I. K., Putra, Z. H.,…, Wijaya, T. T. (2020). Improving Prospective Elementary Teachers’ Mathematical Communication Skills with Active Learning Approach of MIKiR. Journal of Physics: Conference Series 1655(1), 012057. link
  • Putra, Z. H., & Witri, G. (2019). Scientific Contexts in Pre-Service Elementary Teacher Designed Mathematics Picture Books. In Saktioto et al., (Eds.). Proceeding of Universitas Riau International Conference on Science and Environment (URICSE-2019) (vol. 1351, pp. 1-6), Journal of Physics: Conference Series. link
  • Alpusari, M., Mulyani, E. A., Putra, Z. H., Widyanthi, A., & Hermita, N. (2019). Identifying Students’ Scientific Communication Skills on Vertebrate Organs. In Saktioto et al., (Eds.). Proceeding of Universitas Riau International Conference on Science and Environment (URICSE-2019) ) (vol. 1351, pp. 1-6), Journal of Physics: Conference Series. link
  • Witri, G., Putra, Z. H., & Alwi, M. (2019). Ethnomathematics Based Learning for Students of Elementary Teacher Education Faculty of Teacher Training and Education Riau University Pekanbaru. In Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences (pp. 263-268). link
  • Putra, Z. H., & Winsløw, C. (2018). Teachers’ collective knowledge: the case of equivalent fractions. In R. Johar et al. (Eds.), Proceeding of the 6th South East Asia Design Research International Conference (6th SEA-DR IC) (vol. 1088, pp. 1-6), Journal of Physics: Conference Series. link
  • Putra, Z. H. (2017). Pre-service elementary teachers’ knowledge of comparing decimals based on the anthropological theory of the didactic. In Dooley, T., & Gueudet, G. (Eds.), Proceedings of the Tenth Congress of the European Society for Research in Mathematics Education (CERME10, February 1-5, 2017) (pp. 4029-4036). Dublin, Ireland: DCU Institute of Education and ERME. link
  • Putra, Z. H. (2017). A mathematical learning journey of toddlers in a multilingual environment: the case of Danesh. In I. Ifdil, Y. Yaswinda, Z. Ardi, & M. F. Amsal (Eds.), Proceedings of the International Conference of Early Childhood Education (ICECE 2017) (Vol. 169, pp. 300-303). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.77
  • Putra, Z. H. (2016). Didactical contracts in realistic mathematics education teaching practice in Indonesia: A lesson on addition. in Proceedings of International Seminar on Education: Education Trends for Future Society (ISE 2016) (pp. 93-100). Teacher Training and Education Faculty, Ponorogo Muhammadiyah University, Indonesia. link
  • Putra, Z. H., & Winsløw, C. (2016). Design of hypothetical teacher tasks (HTT) to acess pre-service elementary teachers’ knowledge on rational numbers. Proceedings of ETC3: Mathematics Teaching, Resources and Teacher Professional Development. Berlin. link
  • Putra, Z. H. (2013). Social Norm in Indonesia Realistic Mathematics Education Classroom. Prosiding Seminar Matematika dan Terapan. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. link
  • Putra, Z. H. (2012). The Role of Models in the Development of Mathematical Strategies on Addition up to 20. Proceeding International Seminar and National Conference on Primary Education 2012. Medan: Medan State University.
  • Putra, Z. H. (2012). Children’s Learning to Write Number Symbols (Numerals). Proceeding International Seminar and National Conference on Primary Education 2012. Medan: Medan State University.
  • Putra, Z. H., Damawijaya, D., Putri, R. I. I., & den Hertog, J. (2011). MPEK-MPEK Palembang Activity for Helping First Grade Students Learning Combinations that Make Ten. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011. (288-296) Palembang: Sriwijaya University.
  • Kamaliyah, K., Edo, S. I., & Putra, Z. H. (2011). Using String Beads to Support Students Understanding of Positioning Numbers up to One Hundred. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011. (288-296) Palembang: Sriwijaya University.

Publikasi di Prosiding Nasional

  • Panjaitan, I. O. D., Putri, N. A., & Putra, Z. H. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Bilangan Dengan Pendekatan PMRI Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar5(1). link
  • Kurniawati, E., Antosa, Z., & Putra, Z. H. (2020). Analisis Rubrik Penilaian Psikomotor pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Kelas IV SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 86 – 95. link  
  • Syafitri, A., Syahrilfuddin, S., & Putra, Z. H. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 003 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 68 – 75. link
  • Putra, Z. H. (2019). Tantangan dan Peluang Guru SD dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi Digital di Era Revolusi Industri 4.0. Dalam E. Noviana, N. Afendi, & M. N. Huda (Eds.). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (vol. 1, pp. 7-19). link
  • Witri, G., Putra, Z. H., & Nurhanida. (2015). Analisis kemampuan number sense siswa sekolah dasar di Pekanbaru. In Mahdum, S. S. Achmad, D. A. Natuna, Suarman, A. R. Ahmad, & M. H. M. Yasin (Eds.), Proceeding of 7th International Seminar on Regional Education: Educational community and cultural diversity (vol. 2 pp. 755–762). Pekanbaru: Universitas Riau Press. link

Buku dan Book Chapter

  • Nurzayana, A., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2021). Bergotong Royong Bersama Keluarga: Math Picture Book. Pekanbaru: Taman Karya.
  • Copriady, J., Mahdum, M., Putra, Z. H., Noviana, E., & Rusandi, M. A. (2021). Case-Based Learning dan Project-Based Learning: Teori dan Praktis. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
  • Putra, Z. H., Sari, I. K., & Witri, G. (2021). Proyek Buku Bergambar Matematika Tema Covid-19 Berbasis Program Android Sebagai Sarana Pengembangan Pengetahuan Matematika dan Didaktika Calon Guru Sekolah Dasar, dalam Copriady, dkk, Gagasan tentang Pembelajaran Masa COVID-19 di Perguruan Tinggi. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia. Link
  • Sari, I. K., & Putra, Z. H. (2021). Projek Video Pembelajaran sebagai Sarana Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis Calon Guru Sekolah Dasar, dalam Copriady, dkk, Gagasan tentang Pembelajaran Masa COVID-19 di Perguruan Tinggi. Jogjakarta: Penerbit KBM Indonesia.
  • Putra, Z. H., dkk. (2021). Nugget Ikan Tenggiri: Olahan Ikan Tenggiri. Serpong: CV Benito Grup.
  • Putra, Z. H., dkk. (2021). Buku Panduan Hidup Sehat di Era New Normal. Pekanbaru: Taman Karya.
  • Putra, Z. H. (2020). Bilangan, Aljabar, dan Aplikasi dalam Pembelajaran Sekolah Dasar. Pekanbaru: UNRI Press.
  • Putra, Z. H., Natalina, M., Erviyeni, E., Purwati, I. T. (2020). Evaluasi pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19 di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. LPPMP UNRI. link
  • Putra, Z. H., & tim Kukerta Tematik UNRI Desa Pangkalan Jambi 2019. (2019). Dodol buah kedabu. Pekanbaru: Taman Karya.
  • Putra, Z. H. (2016). Collective aspects of pre-service lower secondary teachers’ knowledge on density of rational numbers. In M. Achiam, & C. Winsløw (Ed.), Educational design in math and science: The collective aspect (pp. 53-61). Copenhagen: Department of Science Education, University of Copenhagen. link
  • Publikasi buku lainnya link

Pembicara Utama Seminar

  • 2021, 10 Mei, Pembicara Seminar Nasional “Strategi Guru Millenial Mencapai TPACK, di Prodi PGSD FKIP Universitas Katolik Santo Thomas.
  • 2021, Pembicara Knowing More of Math (KOMAT) HIMASKA FMIPA UNRI
  • 2020, Pembicara Webinar “Manajemen Penjaminan Mutu Untuk Program Kampus Merdeka” Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Riau
  • 2020, Pembicara Seminar Nasional Pendidikan Dasar ke-6 Prodi PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Serang
  • 2020, Pembicara Seminar “Mahasiswa Bergerak dalam Konteks Merdeka Belajar”, Universitas Samudra, Aceh
  • 2020, Pembicara Web Based Workshop (WEBOP) “The Design Research: From Theory to Practice.” Magister Pendidikan Matematika UNSRI, Palembang.
  • 2020, Pembicara Kuliah Umum “Penelitian Desain sebagai Salah Satu Inovasi Penelitian Pendidikan” Pendidikan Matematika UPGRIS Palembang
  • 2020, Pembicara Kuliah Umum Metode Penelitian: Implementasi Penelitian Desain pada Masa Pandemi Covid-19″, Pendidikan Matematika UNSRI, Palembang
  • 2018, Pembicara Seminar Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, Pekanbaru
  • 2018, Invited Speaker The 6th SEA-DR UNSYIAH, Banda Aceh

HAKI

  • 2021. Putra, Z. H., Hermita, N., Alim, J. A. Modul Meracang Aktivitas Pembelajaran Menggunakan GeoGebra bagi Guru Sekolah Dasar.
  • 2021. Putra, Z. H. Bilangan, Aljabar, dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Sekolah Dasar.
  • 2021. Br. Manurung, C. F. Hermita, N., Alpusari, M., Guslinda, G., Alim, J. A., Putra, Z. H. Majalah Pembelajaran IPA SD Kelas V berbasis HOTS Materi Panas dan Perpindahannya.
  • 2021. Hermita, N., Putra, Z. H., Alim, J. A., Wijaya, T. T., & Gusti, P. M. Storyboard Digital Interactive berbasis Genially Materi Konduktor Isolator di SD.
  • 2021. Hermita, N. Putra, Z. H., Alim, J. A., & Wijaya, T. T. Media untuk Blended Learning: Semut Lapar.
  • 2021. Hermita, N. Putra, Z. H., Alim, J. A., Wijaya, T. T., Gusti, P. M., Tutorial Pembuatan “Dynamic Game Card” berbasis Genially.
  • 2020. Putra, Z. H., Dewi, I. P., Anggela, B., & Hayaturrohmah, S. Komik: Karena Covid-19.
  • 2019. Afrillia, Y. M.,Ranti, N. D., Rahmadianto, A. D., & Putra, Z. H. Cerita Bergambar: Gelang Comel Buaten Kite.
  • 2019. Fitri, L., Mustika, T. N., Susanti, D., & Putra, Z. H. Cerita Bergambar: Membantu Ibu.
  • 2019. Putra, Z. H. Praxeological Change And The Density Of Rational Numbers: The Case Of Pre-service Teachers In Denmark And Indonesia.

Editorial Jurnal

  • Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (link)
  • Jurnal Elemen (link)
  • Beta: Jurnal Tadris Matematika (link)
  • Unnes Journal of Mathematics Education (link)
  • Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika (link)
  • Didaktika: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (link)
  • Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (link)
  • Jurnal Pendidikan (link)

Reviewer Jurnal

  • EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education (link)
  • Journal on Mathematics Education (link)
  • International Electronic Journal of Mathematics Education (link)
  • Elementary Education Online (link)
  • Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (link)
  • Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (link)
  • Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan (link)
  • Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (link)
  • Mandalika: Mathematics and Education Journal (link)

Keanggotaan Asosiasi

  • 2018 – 2023 Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HDPGSD) link
  • 2021 IEEE link
  • 2019 – 2022 Relawan Jurnal Indonesia Wilayah Riau
  • 2015 – 2018 European Researcher in Mathematics Education

Pengalaman Manajerial

  • 2021 – 2023, Wakil Ketua Tim Sistem Penjamin Mutu Internal FKIP Universitas Riau
  • 2020, Ketua Panitia Workshop Penyelarasan Kurikulum Merdeka Belajar HDPGSD Wilayah II
  • 2019 – 2021, Sekretaris Tim Sistem Penjamin Mutu Internal FKIP Universitas Riau
  • 2019 – 2020, Ketua Tim Laporan Evaluasi Diri Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Riau

Kegiatan Lainnya

  • 2021, Penyadur Buku Matematika kelas 4 Sekolah Dasar, Pusat Perbukuan dan Kurikulum, Kemdikbud
  • 2020, Penulis Modul Numerasi Belajar dari Rumah kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar, Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kemdikbud (link)
  • 2020, Reviewer Proposal Penelitian FKIP Universitas Riau
  • 2020, Reviewer Makalah 1st SEA-STEM UNSYIAH, Banda Aceh (link)
  • 2019, Reviewe Makalah The AICMSTE International Conference, UNSYIAH, Banda Aceh (link)

Bimbingan Tugas Akhir

Pembimbing Utama

  • 2021. Yahya Gunawan (1805113557). Analisis Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa Ditinjau dari Gender pada Materi Bilangan Berbasis Budaya Melayu Kelas V SD di Pekanbaru.
  • 2021. Cut Yasmin Tamimi (1805112908). Pengembangan Applet GeoGebra Materi Jaring-jaring Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
  • 2021. Ulfiyani (1805113676). Pengembangan Applet GeoGebra Materi Sistem Koordinat untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
  • 2021. Purwati. Desain Lintasan Belajar Pengukuran Luas dan Keliling Persegi dan Persegi Panjang dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar.
  • 2021. Sri Teti Anggraini. Pengembangan Media Puzzle Materi Bilangan Pecahan Senilai untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
  • 2021. Vivi Fadilla. Pengembangan Media Pembelajaran Kalender Bilangan Berbasis Teknologi pada Materi Bilangan Prima di Sekolah Dasar.
  • Ganjil 2021/2022. Nurul Faradilla. Hubungan antara efikasi diri dengan pengetahuan bangun prisma siswa kelas V SDN 164 Pekanbaru. Selesai.
  • Ganjil 2021/2022. Witri Rahmayani. Desain Lintasan Belajar Kubus dan Balok dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di kelas V Sekolah Dasar. Selesai.
  • Ganjil 2021/2022. Windi Wulandari. Pengembangan Game Edukasi “Dynamic Number Card” Berbasis Number Sense sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Selesai.
  • Ganjil 2021/2022. Ayu Nurzayana. Desain Math Picture Book untuk Menstimulus Pengetahuan Siswa tentang Sifat-sifat Bangun Datar di Kelas 5 Sekolah Dasar. Selesai.
  • Genap 2020/2021. Ramiati. Pengembangan Soal Keterampilan Berpikir Komputasi pada Materi Bilangan Berdasarkan Konteks Budaya Melayu Riau untuk Siswa Sekolah Dasar. Selesai.
  • Genap 2020/2021. Desri Rahmadhani. Sikap Calon Guru Sekolah Dasar terhadap Asesmen Matematika Berbasis Teknologi. Selesai.
  • Genap 2020/2021. Yesi Martha Afrillia. Hubungan Pengetahuan Prosedural dan Konseptual Operasi Penjumahan dan Pengurangan Pecahan dengan Kemampuan Problem Posing Calon Guru Sekolah Dasar. Selesai.
  • Ganjil 2020/2021. Fardillah Zarani Putri. Pengembangan Media Kartu Domino Materi Pecahan untuk Belajar Mandiri Siswa Kelas IV SDN 147 Pekanbaru di Masa New Normal. Selesai.
  • Ganjil 2020/20201. Maria Faustina. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Berbantu Media Trimino terhadap Kecepatan dalam Mengerjakan Soal Matematika Siswa Kelas V SDN 147 Pekanbaru. Selesai.
  • Ganjil 2020/2021. Dian Febriyanti. Pengembangan Permainan Ulat Tangga 3 Dimensi: Implementasi pada Siswa Kelas II SDN 37 Pekanbaru. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Annisa. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Mengikuti Bimbingan Belajar dan Tidak Mengikuti Bimbingan Belajar pada Kelas IV di SD Negeri 6 Pekanbaru. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Rani Syafitri. Analisis Kemampuan Berfikir Logis Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 6 Pekanbaru. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Wulan Winanda. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Bantuan Media Tulang Napier terhadap Hasil Belajar Matematika pada Operasi Perkalian Siswa Kelas III SD IT Diniyah Pekanbaru. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Fajriah Hasanah Tri Komara. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture untuk Meningkantkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVa SDN 136 Pekanbaru Tahun ajaran 2018/2019. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Annisa Mutmainnah. Hubungan Kemampuan Number Sense dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Babussalam Pekanbaru. Selesai.
  • Ganjil 2019/2020. Madha Lely. Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Open-Ended di SDN 016 Mekar Jaya Kec. Kampar Kiri Tengah, Kab. Kampar. Selesai.

Pembimbing Kedua

  • 2021. Rahmadania Salam (1805125052). Penerapan Metode Brainstorming pada Materi Siklus Air untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
  • 2021. Mike Fitriani (1805110534). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Sistem Among pada Materi Perubahan Wujud Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas IV SD.
  • 2021. Afrida L. Simanjuntak (1805112833). Penerapan Model Inquiry Learning Berbantu Media Interaktif pada Materi Bentuk dan Perubahan Energi untuk Meningkatkan Critical Thinking Skill Siswa Kelas IV SD.
  • 2021. Iin Zafera (1805195437). Penerapan Pembelajaran Interaktif Menggunakan Media Genially pada Materi Konduktor dan Isolator untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V Sekolah Dasar.
  • 2021. Sandra Afri Meliza (1805124231). Pengukuran Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar.
  • 2021. Melisabet Hutapea (1805113417). Penerapan Model Inquiry Learning berbasis Sistem Among pada Materi Gaya dan Gerak untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
  • 2021. Mahizar Darmayanti (1805110757). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Aplikasi Scratch pada Materi Perubahan Wujud Zat untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.
  • 2021. Astri Yulanda. Pengaruh Buku Bergambar Matematika (BBM) Berbasis Budaya Melayu Riau terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN 147 Pekanbaru.
  • 2021. Nur Chayani. Persepsi orang tua terhadap karakter kerja keras siswa selama belajar di rumah di kelas V SDN 147 Pekanbaru.
  • Ganjil 2021/2022. Eka Novia Supriyatna. Analisis hasil belajar dengan model daring pada masa pandemi di SDN 016 Beringin Jaya. Selesai.
  • Ganjil 2021/2022. Eticha Chonesty. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Pecahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 110 Pekanbaru. Selesai.
  • Ganjil 2021/2022. Rena Anriani. Analisis Kajian Etnomatematika dalam Tradisi Suku Melayu pada Materi Pengukuran di Sekolah Dasar. Selesai.
  • Ganjil 2020/2021. Juliana. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran KOASE terhadap Pengetahuan Mitigasi Bencana (Banjir) Siswa Kelas IV SD Negeri 13 Pekanbaru. Selesai.
  • Ganjil 2020/2021. Ratna Dewi. Implementasi Pemberian Penguatan (Verbal dan Non Verbal) oleh Guru Kelas II SD An Namiroh Pekanbaru. Selesai.
  • Ganjil 2020/2021. Nur Ashirin. Analsis Keterampilan Dasar Mengajar Guru pada Proses Pembelajaran Matematika kelas V SDN 110 Pekanbaru. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Novika Oktasari. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Pecahan: Studi Kasus di Kelas V SDN 67 Pekanbaru. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Lastri Lestari. Analisis Pengetahuan Mitigasi Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Siswa Kelas V SD Negeri 6 Pekanbaru. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Muharni. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi pada Materi Penggolongan Hewan: Studi Kelayanan di Kelas III SDIT Diniyah Pekanbaru. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Dwi Nuraini. Perbedaan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV yang Masuk Pagi dengan Masuk Siang di SD Negeri 147 Pekanbaru. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Novi Yana Yora. Perbandingan Model Mental antara Guru SD dengan Calon Guru SD pada Konsep Perpindahan Kalor. Selesai.
  • Genap 2019/2020. Uci Tri Wahyuni. Hubungan antara Adversity Quotient dengan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Selesai.
  • Genap 2019/2020. T. Aci Parlina. Identifikasi Model Mental Siswa Kelas IV Sekolah Dasar terhadap Materi Pembelajaran Gaya Gravitasi. Selesai.
  • Ganjil 2019/2020. Eka Kurniawati. Analisis Rubrik Penilaian Psikomotrik pada Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di Kelas IV SD. Selesai.
  • Ganjil 2019/2020. Aydilla Syafitri. Pengaruh Strategi Pembelajaran Index Card Match terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 003 Pangkalan Kerinci Kab. Pelalawan. Selesai.

SCOPUS ID | SINTA ID | SCHOLAR ID