Pelantikan dan Pengukuhan Calon Anggota Sanggar Gema Pelangi

www.pgsd.fkip.unri.ac.id – Acara Pelantikan dan Pengukuhan calon anggota SGP yang dilaksanakan Jumat-Ahad (6-8/11) bertempat di Desa Tanjung Belit Lipat Kain Kampar Kiri Riau. Kegiatan ini Bertujuan untuk meningkatkan hubungan kekeluargaan dan kekompakkan dalam keanggotaan sanggar dan untuk dapat memajukan sanggar. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengusung tema  “Semangat Seni Membangun PGSD yang Bermarwah”, yang ditaja oleh Sanggar Gema Pelangi yang berada di bawah Divisi Minat dan Bakat HIMA PGSD FKIP UR.

Kegiatan ini di ikuti oleh 38 orang  calon anggota sanggar,19 orang anggota sanggar, 3 orang anggota HIMA , 5 orang anggota Pendaki Gunung Indonesia (PGI), 3 dosen dan 1 orang mantan ketua sanggar. Selaku Pembina SGP Otang Kurniaman SPd MPd mengatakan “pelantikan ini dilaksanakan setiap tahun bagi calon anggota SGP diwajibkan untuk mengikuti sebagai salah satu syarat menjadi anggota SGP, dengan tujuan lebih meningkatkan keakraban antar anggota sanggar”. Sanggar Gema Pelangi merupakan sanggar pertama dan satu-satunya yang aktif ditingkat Prodi dan Fakultas. Kegiatan ini diperkuat dengan pendapat Zufriady SSn MPd yang mengatakan bahwa seni merupakan ungkapan perasaan manusia yang berasal dari alam dan kegiatan sehari-hari manusia.

Terselenggaranya kegiatan ini tidak terlepas dari kepemimpinan ketua sanggar Picka Denko Putra, dengan ketua pelaksana Fahru Razi yang dibantu oleh seluruh panitia SGP yang saling bahu-membahu dalam mensukseskan kegiatan ini. Harapan dari ketua pelaksana supaya para anggota sanggar dapat menghilangkan sikap individualisme , karena sikap individualisme dapat menyebabkan perpecahan antara anggota sanggar. Harapan dari ketua sanggar atas terlaksananya kegiatan ini  agar tidak ada kesenioritasan antara anggota sanggar dan calon anggota sangar.

Selama acara Pelantikan dan pengukuhan calon anggota sanggar berlangsung banyak kegiatan yang di adakan oleh panitia dan di ikuti oleh seluruh peserta. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah acara pelepasan yang diadakan sebelum para peserta dan panitia acara pelantikan dan pengukuhan memulai perjalanan. Lazim selaku ketua Prodi PGSD menyampaikan beberapa pesan kepada seluruh peserta dan juga panitia.

acara pelepasan keberangkatan oleh lazim

Gambar: Acara pelepasan keberangkatan calon anggota sanggar dan panitia kemah keakraban oleh Ketua Program Studi 

Selama pejalanan para peserta dan juga panitia dihadapkan pada beberapa permasalahan, salah satu diantaranya adalah rute perjalanan yang sulit. Sulitnya rute mengharuskan di beberapa bagian jalan para peserta harus turun dari bus dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

foto ketika calonanggota sanggar berjalan kaki mendaki bagian jalan yang sulit di lalui bus

Gambar: ketika para calon anggota berjalan melalui tanjakan

Setelah tiba di lokasi perkemahan para peserta dan panitia segera mendirikan tenda dan menyiapkan peralatan yang di butuhkan seperti membuat dapur dan MCK. Sebelum acara pelantikan dimulai terlebih dahulu diadakan upacara pengibaran bendera SGP sekaligus pembukaan kegiatan perkemahan dan pemasangan tanda peserta secara simbolis.

upacara pembukaan acara kemah keaakraban sanggar

Gambar: Upacara pembukaan acara pelantikan calon anggota SGP

foto ketka penyematan calon anggota secara simbolis oleh zufriadi kepada zaki alharis
Gambar: Pemasangan tanda peserta

pembacaan doa oleh joesphinto
Gambar:  pembacaan doa

Pada hari sabtu (7/11) kegiatan pertama yang dilakukan setelah selesai sholat subuh berjamaah adalah senam pagi. Setelah acara senam pagi selesai, para peserta di persilahkan untuk mandi dan bersiap siap mengikuti kegiatan selanjutya. Setelah seluruh peserta selesai mandi kegiatan selanjutnya adalah sarapan  bersama. Selanjutnya para peserta di beri pengarahan sebelum memulai kegiatan hiking. Pada minggu malam, diadakan acara pembakaran api unggun.  Kegiatan selanjutna adalah pertunujuan seni oleh peserta dan panitia anggota SGP. Ahad (8/11) merupakan hari terakhir dari acara pelantikan dan pengukuhan anggota SGP, acara ini di akhiri dengan pelantikan calon anggota SGP  menjadi anggota SGP secara resmi.  Sebagai kegiatan penutup, seluruh peserta dan dan panitia acara pelantikan dan pengukuhan calon anggota SGP melakukan sesi foto bersama.  Setelah sesi foto bersama berakhir para peserta dan panitia kembali ke bus dan memulai perjalann pulang kembali ke UR.

foto ketika para calon anggota bersama dengn panitia melakukan kegiatan senam pagi1447074414425acara pembakaran api obor

penampilan tari pada saat acara pembakaran api unggunpelantikan calon anggota sanggar menjadi anggota sanggar secara simbolisfoto bersama***Ana2015, ***Yona